Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 22 Maret 2013

A R B I T R A G E (ARBITRASE)

  • Kegiatan membeli atau menjual valuta asing secara simultan untuk meraih keuntungan dari perbedaan kurs mata uang internasional pada saat yang sama di tempat yang berbeda.
  • Kegiatan membeli mata uang asing pada tempat yang lebih murah dan dengan cepat menjualnya pada tempat yang lebih mahal, dengan tujuan mencari untung.
  • Ada beberapa jenis arbritrase sesuai dengan jumlah tempat dan mata uang yang diperjualbelikan, diantaranya:
 Two Point Arbitrage (Dua mata uang dan dua tempat)
Jika harga satu pounds adalah $1.99 di New York dan $2.01 di London, maka seorang arbiter akan membeli pounds dengan tingkat harga $1.99 di NY dan dengan segera menjualnya di London dengan harga $2.01, sehingga dia akan memperoleh untung sebesar $0.02.
 
Three Point Arbitrage (Tiga mata uang dan tiga tempat)
Tiga mata uang, dollar, poundsterling, dan yen. Ketiga mata uang tersebut diperjualbelikan di tiga tempat yaitu New York, London, dan Tokyo, dengan tingkat kurs sebagai berikut:
£1 = $ 3                 (baik di London maupun di New York)
£1 = ¥ 1000          (baik di London maupun di Tokyo)
$1 = ¥ 300             (baik di New York maupun di Tokyo)

Keuntungan dapat diperoleh dari adanya perbedaan kurs di tiga tempat tersebut, dengan cara three point arbitrage, yaitu sebagai berikut:
Misalkan modal kita sebesar ¥ 900, kita dapat menukarkan modal tersebut dengan dollar di Tokyo, dan memperoleh $ 3. Kemudian $3 tersebut kita tukarkan lagi dengan poundsterling di NY atau London dan mendapatkan sejumlah £1. Akhirnya uang sebesar £1 tersebut kita tukarkan lagi  dengan yen di London atau  Tokyo dan menghasilkan ¥ 1000. Dengan demikian kita memperoleh untung sebesar ¥ 100.

Three point arbitrage tersebut dapat dilakukan dengan modal dalam bentuk mata uang apa saja, dapat dimulai dengan modal dalam dollar, poundsterling, atau yen, asalkan dilakukan dengan arah yang benar. Untuk tingkat kurs seperti pada contoh di atas, maka keuntungan three point arbitrage dapat diperoleh dengan arah:



















K


0 komentar:

Posting Komentar