Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 22 Maret 2013

Pengertian Pasar Valuta Asing

Pasar valuta asing di Indonesia berkembang seiring dengan perubahan rezim nilai  tukar,  yang secara  bertahap beranjak  pada peningkatan penekanan pada mekanisme pasar. Pada dasarnya, sistem valuta asing di Indonesia berkembang dari kontrol pemerintah yang ketat ke sistem valuta asing bebas, sementara sistem nilai tukar secara bertahap beranjak dari sistem nilai tukar tetap ke sistem nilai tukar fleksibel, dengan derap yang sesuai dengan kondisi ekonomi yang ada. Bank  Indonesia selalu mempertimbangkan pergerakan pasar internasional dan pilihannya selalu terbuka untuk menyesuaikan jenis komposisi portofolio dalam penempatan  cadangan  valuta  asing.  Dalam  mengelola  cadangan  valuta  asing, Bank Indonesia melaksanakan sistem diversifikasi dalam mata uang asing dan jenis sekuritas. Perhitungannya adalah bahwa dengan mengandalkan metode tersebut, maka setiap penurunan nilai suatu mata uang dapat diimbangi dengan peningkatan nilai mata uang lain, atau oleh investasi lain yang memberikan hasil yang lebih baik. Menurut survei global yang diadakan setiap tiga tahun yang dilaksanakan oleh Bank for International Settlements pada tahun 2004, Indonesia digolongkan tergolong normal dalam hal sifat turnover untuk pasar valuta asingnya.
Jumlah reksadana di Indonesia pada tahun 2006 meningkat 22,02% yaitu dari 327 reksadana pada tahun 2005 menjadi 399 reksadana pada tahun 2006, disamping selain nilai aset bersih reksadana yang secara signifikan meningkat (79,23%) dari IDR 29,17 Triliun di bulan Desember 2005 menjadi IDR 52,28 Triliun pada tahun 2006. Pada bulan Desember 2006, terdapat 108 fund manager dan 9 konsultan keuangan. Dan berdasarkan nilai reksadana, terdapat peningkatan nilai reksadana dari IDR 48,07 triliun dibulan Desember 2005 menjadi IDR 71.15 Triliun di bulan Oktober 2006, atau meningkat 32,44%

1 komentar:

Dadang Dading mengatakan...

pasar valuta asing memang makin diminati sebagai sebuah bisnis yang sangat menjanjikan untuk meraih keuntungan. bisnis trading forex, yang merupakan bisnis valuta asing yang dilakukan secara online semakin hari semakin banyak diminati oleh berbagai kalangan. dengan kemudahan yang ada pada bisnis tersebut, membuat siapa saja dapat mengaksesnya secara leluasa. saat ini saya pun menjalankan bisnis tersebut. meski dengan modal yang sedikit yang saya kelola pada akun Micro di OctaFX, namun saya bisa tetap optimal dalam melakukan trading dengan adanya dukungan kondisi trading yang bagus dari OctaFX, salah satunya adalah leverage 1:500 yang saya gunakan pada akun tersebut.

Posting Komentar