Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 26 Maret 2013

Sekilas tentang Siklus Ekonomi

Kondisi perekonomian secara umum dapat digambarkan dalam suatu siklus yang berulang.

Pada phase “expansion” aktivitas bisnis berkembang, produksi & permintaan (demand) bertambah, lapangan pekerjaan meningkat, kesejahteraan membaik, tingkat penjualan bertambah, gedung- gedung dibangun. Dalam kondisi ini normalnya para pengusaha maupun masyarakat akan meminjam uang (kredit) untuk mengembangkan usahanya, yang menyebabkan suku bunga meningkat. Hingga pada  puncaknya  permintaan  barang  akan  melebihi  kemampuan  supply  sementara  uang  yang beredar di masyarakat terlalu banyak dan hargapun melonjak, keadaan ini disebut “inflasi”.

Kemudian terjadilah phase “resesi”, dimana daya beli menjadi berkurang, permintaan menurun, aktivitas ekonomi tesendat, lapangan kerja berkurang. Hingga akhirnya supply melebihi permintaan dan harga-harga menjadi murah, keadaan ini disebut “deflasi”. Dengan rendahnya harga-harga maka pembangunan pun mulai menggeliat lagi dan kembali ke phase pertama.

Intinya adalah jika terjadi inflasi artinya harga-harga akan tinggi dan nilai tukar mata uang rendah.

Karenanya  pemerintahan  suatu  negara  akan  berusaha  menekan  laju  inflasi dengan  mengontrol supply uang di masyarakat melalui kebijakan tingkat suku bunga bank centralnya.

Kondisi politik & perekonomian Amerika sangat berpengaruh kepada kondisi perekonomian dunia, karena itu news dan data ekonomi AS sering dijadikan sebagai acuan oleh para investor terhadap pergerakan mata uang utama dunia.

1 komentar:

Dadang Dading mengatakan...

Siklus Ekonomi akan berlaku berulang atau siklikal, dan kondisi seperti ini penting juga untuk trader ketahui agar bisa efektif dalam menentukan strategi trading yang dijalankan dalam upaya peraihan profit pada trading yang dilakukan. saat ini saya melakukan kegiatan trading dengan menggunakan akun Micro dari OctaFX. Berita keuangan harian yang diupdate yang merupakan fasilitas penunjang yang disediakan oleh OctaFX, sangat mendukung bagi kegiatan trading saya, terutama dalam upaya pemilihan waktu yang tepat dalam melakukan Open Posisi.

Posting Komentar