Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 07 Agustus 2012

Pool Account

Berkembangnya  teknologi internet telah menyediakan  berbagai alternatif kepemilikan emas, salah satunya adalah melalui pool account. Pool Account adalah sistem kepemilikan emas secara virtual dimana nasabah membeli emas  namun  menyerahkan  pengurusan  emas  fisik  kepada  pihak  lain. Bukti kepemilikan emas dinyatakan melalui saldo dalam sebuah rekening.

Bayangkanlah sebuah rekening tabungan biasa namun pada bagian saldo yang tercetak adalah  jumlah  emas  logam mulia, seperti  itulah pool account. Investasi emas logam mulia melalui pool account barangkali merupakan cara paling mudah dan murah dalam berinvestasi emas. Pada pool account pengurusan  emas  fisik diserahkan  pada  pihak  lain,  yang  berarti  Anda  tidak perlu membayar biaya penyimpanan dan asuransi. Selisih harga jual - beli sangatlah  kecil,  karena  penjual  tidak perlu  membayar  beberapa  biaya  yang timbul seandainya mereka menjual secara fisik, seperti biaya operasional toko.

Selama Anda tidak menarik emas menjadi bentuk fisik, Anda tidak akan pernah dikenakan   premium   seperti   biaya   sertifikat   dan  pengiriman.   Anda   dapat membeli  dan  menjual  emas  dalam  pool  account  Anda  tanpa  ada  biaya tambahan apapun.

Rendahnya  selisih antara  harga jual dan beli menyebabkan  Anda tidak perlu menunggu waktu terlalu lama untuk mendapatkan  keuntungan. Berbeda dengan  jika  Anda  membeli  emas  logam  mulia  dalam  bentuk  fisik.  Rentang harga jual dan beli yang cukup besar (seringkali disebabkan oleh biaya pengiriman,   asuransi   dan   operasional   toko)   menyebabkan   Anda   harus menunggu kenaikan harga yang lebih besar sebelum dapat mengambil keuntungan. Pool Account merupakan alternatif terbaik dalam investasi emas logam mulia, terutama jika Anda tidak ingin direpotkan dengan masalah penyimpanan dan biaya asuransi.

Pertanyaan  paling mendasar  yang harus  ditanyakan  saat Anda hendak berinvestasi  dengan  cara  pool  account  adalah:  Apakah  pihak  penyedia layanan pool account benar-benar membeli emas logam mulia dan menyimpannya  atas nama Anda?. Terdapat  beberapa  kasus dimana pihak penyedia  layanan pool account tidak membeli emas logam mulia, melainkan menginvestasikan  uang  kliennya  pada  usaha  lain  dengan  harapan mendapatkan tingkat pengembalian diatas harga kenaikan emas. Perusahaan seperti ini sangat berbahaya, karena jika investasi yang mereka lakukan mengalami masalah, maka Anda tidak dapat menarik tabungan Anda.

Kemudian  masalah  lain  yang  timbul  seiring  dengan  kepemilikan  emas logam  mulia  virtual  adalah  jika  harga  emas  melonjak  tinggi  dan  para investor memutuskan  untuk menjual emas logam mulia mereka, apakah pihak  penyedia  layanan  pool  account  benar-benar  mampu  menjualkan emas investor (dalam hal ini membeli kembali)? Juga sebaliknya, apabila harga emas mencapai harga rendah, apakah pihak penyedia layanan pool account akan benar-benar membeli emas logam mulia bagi para klien mereka?
Inilah masalah yang mungkin timbul saat Anda memutuskan untuk melakukan investasi logam mulia virtual melalui sistem pool account. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat Anda memilih penyedia layanan pool  account  agar  Anda  terhindar  dari  resiko  investasi  emas  logam  mulia melalui  sistem pool account.  Ada beberapa  ciri yang dapat kita pergunakan sebagai acuan untuk memilih penyedia layanan pool account.

1.Cari tahu apakah penyedia jasa layanan pool account memberikan jaminan  bahwa mereka akan membeli  emas logam mulia sesuai dengan nilai uang yang Anda tabungkan.

 Jangan  segan   bertanya   baik  pada  pihak  penyedia   jasa  layanan maupun  pada  orang-orang  sekitar  yang  telah  mejadi  klien  apakah benar  mereka  membeli  emas  logam mulia  sesuai dengan  nilai uang investasi Anda. Ini penting untuk menghindari penipuan berkedok jasa layanan   pool  account.   Jika  penyedia   jasa  layanan   pool  account memang  benar-benar  bergerak  dalam bidang  tersebut,  mereka  akan mampu   memberikan   jaminan  bahwa  uang  Anda  akan  ditukarkan dengan emas logam mulia dan tidak di investasikan pada usaha lain.

2.Anda dapat menarik tabungan Anda dalam bentuk emas fisik
Sistem pool account pada dasarnya dimaksudkan agar nasabah tidak perlu repot dengan segala tetek bengek pembelian emas logam mulia dalam bentuk fisik. Tetapi walau Anda menyetor uang dan Anda tidak melihat fisik emas logam mulia tersebut, Anda tetap memiliki  emas logam mulia. Hanya saja pengurusannya diserahkan pada pihak penyedia jasa layanan. Tentu saja pada saat Anda mengubah pool account Anda menjadi emas logam mulia bentuk fisik, maka Anda akan dikenai premium (seperti biaya sertifikat, pengiriman dan asuransi). Masing-masing penyedia jasa layanan pool account tentu memiliki kebijakan yang berbeda, seperti berapa hari yang diperlukan dari saat pencairan  hingga  emas  logam  mulia  bentuk  fisik  sampai di  tangan Anda.   Jika   penyedia   jasa   layanan   pool   account   tidak   mampu memberikan   emas   logam  mulia   bentuk   fisik  sesuai   dengan   nilai tabungan Anda, maka bisa jadi pool account Anda adalah fiktif.

3. Anda tidak diharuskan mencari referal atau investor baru.

Cara mudah untuk memandang  pool account  adalah serupa dengan tabungan konvensional di bank. Bedanya pada pool account Anda menabung uang (rupiah)  dan yang tercetak pada saldo Anda adalah berat emas logam mulia (sesuai dengan rupiah yang telah ditabungkan).Jika  Anda  menabung  di  bank,  pernahkah  Anda diharuskan mencari referal atau nasabah baru? Tentu tidak bukan. Hal ini  berlaku dengan  penyedia   jasa  layanan   pool  account.   Karena sifatnya hampir mirip dengan tabungan konvensional, maka Anda tidak harus mencari investor baru untuk memperoleh keuntungan. Keuntungan Anda pada pool account murni karena pergerakan harga emas yang dipengaruhi faktor permintaan - penawaran, bukan dari berapa banyak investor atau referal baru yang dapat Anda bawa. Mengapa hal ini penting, karena terdapat beberapa kasus skema Ponzi berkedok pool account. Apakah skema Ponzi itu? Ini adalah salah satu bentuk  penipuan  investasi  dimana  Anda  akan  dijanjikan  keuntungan yang luar biasa besar (bisa mencapai lebih dari 50% dari modal) dalam waktu yang sangat singkat. Dalam skema ini keuntungan  dibayarkan kepada anggota melalui investasi yang dilakukan oleh nasabah baru. Kenyataannya  adalah  tidak  ada  skema  Ponzi  yang  bertahan  lama. Suatu saat akan runtuh yakni pada saat tidak terdapat lagi aliran dana dari nasabah baru untuk membayar keuntungan yang telah dijanjikan.

4. Cari   penyedia   jasa   layanan   pool   account   bersedia   membeli kembali emas logam mulia Anda kapanpun Anda hendak menjualnya.

Inti dari investasi adalah membeli pada saat harga rendah dan menjual kembali pada saat harga tinggi. Demikian pula dengan investasi emas logam mulia. Beberapa pihak penyedia jasa layanan pool account menawarkan  pembelian  kembali  emas  logam  mulia  Anda.  Tanyakan apakah mereka tetap akan membeli kembali emas logam mulia Anda pada  saat  harga  emas  benar-benar  tinggi.    Proses  jual  beli  yang dilakukan   pada  pool  account   seharusnya   tidak  dikenai   potongan apapun selain selisih antara harga jual dan beli.

5.Carilah   penyedia   jasa   layanan   pool   account   yang   memiliki kebijakan penguncian harga.

Banyak   faktor   yang   menyebabkan   harga   suatu   komoditas   naik. Tekanan ekonomi global, perang, ketidakpastian  ekonomi atau perubahan kebijakan politik. Tidak terkecuali pada emas logam mulia. Emas logam mulia sangat bergantung pada faktor penawaran - permintaan. Apabila permintaan jauh lebih tinggi dibanding penawaran maka  harga  akan  naik,  begitu  pula  sebaliknya.  Penguncian  harga artinya   pihak   penyedia   jasa   layanan   bersedia   membeli   atau menjual  dengan  harga  saat  Anda  mengkonfirmasikan  penjualan atau pembelian.  Kepastian  penguncian  harga  akan  sangat  berguna pada saat harga emas berfluktuasi. Andaikan pada saat Anda mengkonfirmasi   pembelian,   harga  emas  logam  mulia  adalah  Rp.
420.000/ gram namun dua jam kemudian terjadi kenaikan harga hingga Rp 430.000/  gram,  maka dengan  kebijakan  penguncian  harga Anda tetap membayar Rp 420.000/gram. Pun sebaliknya. Penguncian harga juga  berguna   saat  Anda  hendak melakukan   pencairan   tabungan menjadi emas fisik. Karena tidak semua pihak penyedia jasa layanan sanggup mengirimkan emas logam mulia pada hari itu juga. Jika pada saat emas siap dikirimkan harga sudah berubah, dengan sistem penguncian harga, Anda tetap akan mendapatkan  harga sesuai pada saat Anda mengkonfirmasikan penjualan Anda.

6.Jaminan keamanan data dan transaksi online

Sistem  pool  account  seringkali  memanfaatkan  internet  guna memudahkan   nasabah   membeli   dan   menjual   emas   logam   mulia dimana saja dan kapan saja. Oleh karena itu keamanan data dan transaksi online menjadi elemen penting saat Anda memutuskan untuk berinvestasi emas logam mulia sistem pool account. Perhatikan apakah situs penyedia jasa layanan pool account ini dilindungi ( terproteksi ) atau tidak. Apakah mereka menyediakan faktor pendukung seperti layanan nasabah non - online (via telepon misalnya)? Semakin mudah Anda menghubungi pihak penyedia jasa layanan pool account artinya semakin mudah juga Anda bertransaksi.

Demikianlah 4 bentuk investasi emas logam mulia yang terdapat di Indonesia.   Masing-masing   mempunyai   kelebihan   maupun   kekurangannya. Semua kembali lagi pada sifat dan tujuan dari investasi Anda. Bisa jadi satu bentuk investasi berhasil untuk orang tertentu dan gagal pada orang yang lain.

1 komentar:

Dadang Dading mengatakan...

Bisnis yang sangat menarik memang, gan. saat ini begitu besar kesempatan kita untuk mengoptimalkan sarana internet yang tersedia untuk melakukan atau menjalankan suatu bisnis. dari sekian bisnis online yang ada, saat ini saya lebih tertarik dan antusias untuk menekuni bisnis trading forex. bisnis yang relatif memberikan kemudahan dalam mengaksesnya membuat saya tertarik untuk menjalankan bisnis tersebut. saat ini saya memanfaatkan minimal deposit $5 pada akun Micro di OctaFX. dengan didukung oleh leverage 1:500 serta fasilitas spread yang rendah yaitu floating mulai 0.2 pips membuat kegiatan trading yang saya lakukan dapat berlangsung optimal.

Posting Komentar