Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 06 Agustus 2012

Cara Membuat Support & Resistance

Ada dua cara yang utama dalam membuat Support dan Resistance, yaitu cara Tradisional dan cara Modern. Cara tradisional adalah dengan membuat secara manual garis garis pada grafik harga. Garis garis tersebut adalah Support dan Resistance. Sedangkan cara modern adalah dengan menggunakan indikator teknikal analisa seperti Moving Average dan Bollinger Band. Indikator–indikator tersebut akan dibahas di bagian selanjutnya dalam buku ini. Namun dalam  bagian  ini,  akan  diterangkan  bagaimana  indikator  tersebut  dapat menjadi Support dan Resistance.


Ada juga cara dalam membuat Support dan Resistance dengan menggunakan perhitungan matematis. Cara tersebut adalah dengan menghitung Pivot  Point. Dan karena Pivot  Point  memiliki interpretasi yang lebih kompleks, maka Pivot Point akan dibahas dalam bagian tersendiri dalam buku ini. Atau dengan menggunakan garis garis yang dibentuk dari Gann Fan dan Fibonacci Retracement. Cara seperti itu akan dibahas dalam bagian tersendiri, yaitu Line Analysis.

Cara tradisional sangat bersifat subjektif dan lebih tergantung dengan visualisasi kita masing masing. Sehingga sering kali Support dan Resistance satu trader berbeda dengan trader lainnya.

 Menggunakan indikator sebagai Support dan Resistance (cara modern) pun terkadang dapat menunjukkan hasil yang berbeda setiap trader. Hal ini menyangkut penggunaan periode dari indikator tersebut yang, tentu saja, tiap trader dapat berbeda beda dalam penggunaan periodenya.

 Saya menyarankan untuk menggunakan kombinasi antara cara tradisional dan cara modern (lalu diperkuat dengan Pivot Point) dalam membuat Support dan Resistance. Karena masing masing cara tersebut saling melengkapi dan memvalidasi satu sama lain.

0 komentar:

Poskan Komentar